Peredaran Bakso Daging Babi Diduga Melibatkan Aparat


Angkasa Yudhistira - Okezone

Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)
Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)
JAKARTA - Wakil Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Santoso, menduga peredaran campuran daging babi pada olahan bakso sudah sejak lama terjadi dan melibatkan oknum Dinas Peternakan.

"Bisa jadi pembiaran, bisa jadi ada oknum yang bermain di Dinas Peternakan," ujarnya saat ditemui di Kantor DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (14/12/2012).

Santoso menegaskan, permasalahan ini akan segera dirapatkan antara jajarannya selaku legislatif dengan pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI. "Nanti dari reses dibawa ke rapat dan disampaikan ke eksekutif, tidak bisa cuma pusat yang tangani lewat BP POM saja, daerah yang harus tanggung jawab," terangnya.

Bahkan, Santoso menegaskan akan memerikasa semua olahan makanan yang berkaitan dengan daging sapi. "Jadi semua hal yang berkaitan daging sapi harus diperiksa agar bisa dipastikan tidak mengandung babi, sekarang jadi besar karena sudah produsen bakso yang bermain," tandasnya.

Dihubungi terpisah, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Triwisaksana menegaskan pemberitaan daging babi oplosan telah meresahkan warga Jakarta. Dari itu, harus ada penegakan hukum bagi mereka yang melakukan.

"Meski pelakunya pedagang kecil tidak bisa ditolerir, apalagi bertentangan dengan keykinan masyarakat Jakarta, gol kan UU sertifikasi halal," kata pria yang akrab disapa Bang Sani itu.

Sani menambahkan, dinas terkait harus turun langsung ke lapangan, sebab di indikasikannya ada permainan antara suplier dan pedagang.

"Apalagi harga daging sapi terus naik. Makanya dorong produk halal biar pengawasan produk bisa melekat, pengawasan biasanya dlakukan sporadis jelang lebaran, harusnya berkala dan dilakukan sidak, biar penipu bisa dketahui secara cepat," pungkasnya.
(ded)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Aqsamu News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger